Senin, 19 September 2011

IS THE IPAD A DISRUPTIVE TECHNOLOGY

RINGKASAN  INTERRACTIVE SESSION: TECNOLOGY

Tepat seperti yang dijanjikan oleh Apple Inc. pada tanggal 27 Januari 2010, di Yerba Buena Center San Francisco, produk baru Apple yang dikemas dalam acara bertopik "latest creation" diluncurkan. Produk yang sudah di-rumor-kan hampir 1 dekade ini adalah sebuah komputer tablet yang disebut iPad. Seperti biasa, produk baru andalan Apple ini diluncurkan ditengah kerahasiaan yang dijaga ketat hingga detik pengumuman. Namun berbagai rumor 1 bulan sebelum diluncurkan sebagian cukup tepat memprediksi detail produk ini, termasuk namanya: iPad.

Komputer tablet telah datang beberapa kali pergi gersang sebelumnya, tapi iPad terlihat seperti itu akan berbeda. Hal ini memiliki layar 10-inci warna cantik, koneksi Wi-Fi Internet gigih, potensi penggunaan jaringan berkecepatan tinggi selular, fungsi dari lebih dari 250.000 aplikasi yang tersedia di Apple App Store, dan kemampuan untuk memberikan video, musik, teks, sosial jaringan aplikasi, dan permainan video. 

 Apple iPad menggunakan OS iPhone 3.2, artinya sama persis dengan iPhone, namun beda dari sisi luasan layar. Dengan layar 9,7 inch, iPad jadi seperti iPhone raksasa. Seluruh aplikasi iPhone bisa dipakai iPad tanpa modifikasi, namun bisa dibayangkan apap yang terjadi bila layar jadi membesar seperti ini. Jadi Apple menyediakan SK khusus bagi para developer untuk menyesuaikan aplikasi di iPhone agar bisa dimaksimalkan di iPad. SDK tersebut keluar pada saat pengumuman. Sama dengan iPhone, semua aplikasi dan OS dikendalikan melalui iTunes dari PS atau Mac.

Yang menarik, semua versi 3G fully unlocked, tidak seperti di iPod. Jadi bisa dipakai menggunakan SIM card GSM manapun. Namun untuk USA, diluncurkan dengan bundle paket dengan AT&T.

Kelemahan utama? Tidak bisa multitasking. Sama persis saat iPod diluncurkan, baru diperbaiki setelah beberapa tahun. Jadi bila sedang download sesuatu, maka anda hanya bisa bengong tanpa bisa melakukan hal lain, sangat mengganggu. Tidak ada dukungan ke Flash. Bayangkan saja... Kita browse internet dan kemudian tidak bisa melihat sebagian konten interaktif karena Safari browser yang ada di iPad tidak mendukung Flash. Akankah diperbaiki? Wallahualam karena ini masalah persaingan bisnis tampaknya. Tidak ada aplikasi SMS, jadi kalau anda beli versi 3G, maka anda tidak bisa SMS.

Harga? $499 untuk 16GB, $599 untuk 32GB, dan $699 untuk versi 64GB. Tambahan 3G adalah $130 per model, jadi versi model termahal 64GB/3G adalah $829. Lebih mahal dibanding laptop versi standard, namun masih jauh dibawa $1000 yang merupakan batas harga psikologis. Model WiFi-only akan tersedia dalam 60 hari dan 3G model dalam 90 hari sejak 27 Januari 2010.

Terus terang, dibanding e-book reader lain seperti Amazon Kindle, iPad lebih superior karena dikemas dengan kemampuan setara netbook. Kemudian jika dibandingkan dengan e-book, iPad juga tampak lebih superior dari segi portabilitas, namun masih terbatas dari sisi OS dan software. Akankah iPad akan memakan pasar iPhone? Atau memakan pasar netbook? Atau juga sekaligus masuk ke memakan pasar e-book reader yang sedang berkembang pesat? Ini mungkin jawaban kenapa Apple tidak masuk sama sekali ke pasar netbook, tapi langsung ke tablet PC yang disiapkan memiliki kemampuan setara netbook namun dengan portabilitas lebih superior.


Saat diluncurkan, iPad juga dilengkapi dengan aplikasi Office sederhana milik Apple yaitu iWork yang meliputi Pages (pengolah kata), Numbers (seperti MS Excel) dan Keynote (untuk presentasi) yang disebut "completely reimagined for iPad". Namun anda harus bayar lagi $9.99 per paket.


Asesori docking dan keyboard fisik


Suasana di luar gedung menjelang launching di San Fransisco



Seperti iPhone raksasa disandingkan dengan ukuran iPhone


Aplikasi iBookstore dimana bisa langsung beli e-book secara online





Browser Safari di iPad tidak mendukung Flash


Tampak depan, samping dan belakang iPad


Apple juga mendekati jaringan TV dan studio film tentang menawarkan akses ke beberapa acara dan film atas mereka untuk biaya bulanan, namun belum thebigger perusahaan media tidak menanggapi pembukaan Apple. Tentu saja, jika iPad menjadi cukup populer, yang akan berubah, namun saat ini jaringan media akan memilih untuk tidak membahayakan kemitraan mereka kuat dan menguntungkan dengan kabel dan satelit lite ¬ penyedia TV. Dan bagaimana model bisnis Apple sendiri? Apel sebelumnya diyakini adalah konten impor kurang ¬ tant dari popularitas perangkat tersebut. Sekarang, Apple mengerti bahwa perlu konten berkualitas tinggi dari semua jenis media itu menawarkan pada perangkat untuk menjadi benar-benar sukses. Tujuan baru perusahaan adalah untuk membuat kesepakatan dengan masing-masing industri media untuk mendistribusikan konten yang pengguna ingin menonton dengan harga disetujui oleh pemilik konten dan pemilik platform (Apple). Sikap lama dari Apple ("Rip, membakar, mendistribusikan"), yang dirancang untuk menjual perangkat adalah sesuatu dari masa lalu. Dalam kasus ini mengganggu technol ogy ¬, bahkan pengganggu telah dipaksa untuk mengubah perilaku mereka.  

STUDI KASUS PERTANYAAN
1. Mengevaluasi dampak dari iPad menggunakan model kompetitif Porter pasukan. 2. Apa yang membuat iPad teknologi mengganggu? Yang kemungkinan besar menjadi pemenang dan pecundang jika iPad menjadi hit? Mengapa? 3. Jelaskan efek yang iPad kemungkinan memiliki model bisnis pada Apple, pencipta konten, dan distributor. 

Jawaban:
  1.  Menurut pendapat saya akan berdampak terhadap Industri elektronik di Indonesia juga akan terkena dampak dari rencana Microsoft ini. Tahun 2012 atau 2013 yang diperkirakan akan menjadi tahun emas Microsoft melalui PC tablet. Diperkirakan, pada tahun tersebut rasio penetrasi internet terhadap populasi akan meningkat dan melewati angka 12,5 persen saat ini. Indonesia masih menjadi surga bagi produsen elektronik. Brand Microsoft akan memudahkan penjualan di Indonesia. Digital investment di Indonesia tidak melulu bicara investor yang berinvestasi di startup tetapi juga akan melibatkan  Mungkin IPad memiliki beberapa daya tarik bagi pengguna bisnis mobile, namun sebagian besar ahli percaya tidak akan menggantikan laptop, atau netbook. Hal ini dalam industri penerbitan dan media di mana dampaknya mengganggu yang pertama akan dirasakan produsen elektronik.
  2. Karena secara tidak langsung telah mengubah model bisnis secara signifikan disamping itu juga telah mengganggu teknologi oleh sebab itu Tujuan baru perusahaan adalah untuk membuat kesepakatan dengan masing-masing industri media untuk mendistribusikan konten yang pengguna ingin menonton dengan harga disetujui oleh pemilik konten dan pemilik platform (Apple). Sikap lama dari Apple ("Rip, membakar, mendistribusikan"), yang dirancang untuk menjual perangkat adalah sesuatu dari masa lalu.
iPad kemungkinan akan jadi pemenang karena:
1. Harga PC Tablet
Kisaran harga gadget PC tablet antara USD 500 sampai dengan USD 800 dianggap mahal. Diperkirakan harga mahal ini masih akan bertahan sepanjang tahun 2011. Batas psikologis harga adalah USD 300, jika bertahan di angka tersebut maka volume penjualan gadget akan meningkat pesat dan dimiliki oleh masyarakat lebih merata.
2. Platform Android
Platform Android mengalami peningkatan untuk gadget smartphone. Untuk PC tablet sebaliknya, Android menurut Citi masih sangat payah. Beberapa review menunjukan hal tersebut, salah satunya adalah kegagalan penjualan Motorola Xoom. Kondisi Android secara tidak langsung semakin memperkuat dominasi Apple iPad saat ini.
3. Masalah Legal Android
Produsen Android tidak bisa lari dari masalah legal terkait Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Apple, Nokia, Oracle dan Microsoft. Kabar terkahir, HTC harus membayar USD 5 per unit produk Android kepada Microsoft.
4. Aplikasi
Bicara aplikasi, Microsoft memiliki banyak predikat positif. Pengembang aplikasi .NET merupakan pasukan raksasa bagi Microsoft, tidak kurang 6 juta pengembang. Sebagai perusahaan digital yang memiliki sejarah panjang untuk aplikasi dan piranti lunak, Microsoft memiliki ruang gerak yang besar untuk bekerjasama dengan para pengembang piranti lunak.
5. Perusahaan
Sebagian besar perusahaan di dunia menggunakan Office keluaran Microsoft. Dengan rencana meluncurkan produk PC tablet, maka sangatlah mudah bagi Microsoft untuk melakukan deal dengan perusahaan. Kemudahan penggunaan produk-produk Microsoft oleh departemen IT suatu perusahaan menjadi dukungan bagi kesuksesan penjualan PC tablet keluaran Microsoft kepada perusahaan. Jika pangsa pasar perusahaan dikuasai Microsoft, maka pasar retail untuk masyarakat bisa dikatakan akan menjadi bonus.

 3 Efek dari iPad menggunakan model bisnis pada Apple, pencipta konten, dan distributor :
Apel sebelumnya diyakini adalah konten impor kurang ¬ tant dari popularitas perangkat tersebut. Sekarang, Apple mengerti bahwa perlu konten berkualitas tinggi dari semua jenis media itu menawarkan pada perangkat untuk menjadi benar-benar sukses. Tujuan baru perusahaan adalah untuk membuat kesepakatan dengan masing-masing industri media untuk mendistribusikan konten yang pengguna ingin menonton dengan harga disetujui oleh pemilik konten dan pemilik platform (Apple). Sikap lama dari Apple ("Rip, membakar, mendistribusikan"), yang dirancang untuk menjual perangkat adalah sesuatu dari masa lalu. Dalam kasus ini mengganggu technol ogy ¬, bahkan pengganggu telah dipaksa untuk mengubah perilaku mereka. 

1. Bagaimana kuat iPad? Bagaimana berguna adalah untuk membaca buku, koran atau majalah, untuk berselancar di Web, dan untuk menonton video? Dapatkah Anda mengidentifikasi segala kekurangan perangkat? 2. Bandingkan kemampuan Kindle untuk iPad. Yang merupakan perangkat yang lebih baik untuk membaca buku? Jelaskan jawaban Anda. 3. Apakah Anda ingin menggunakan iPad atau Kindle untuk buku-buku yang Anda gunakan dalam program kuliah Anda atau membaca untuk kesenangan, bukan publikasi cetak tradisional? Mengapa atau mengapa tidak? 


 Jawaban:
  1. PC tablet kini telah menjadi gadget yang sedang hot di masyarakat. Begitupun dengan bisnis serta persaingan yang terjadi, dan memiliki layar 10-inci warna cantik, koneksi Wi-Fi Internet gigih, potensi penggunaan jaringan berkecepatan tinggi selular, fungsi dari lebih dari 250.000 aplikasi yang tersedia di Apple App Store, dan kemampuan untuk memberikan video, musik, teks, sosial jaringan aplikasi, dan permainan video. Entry level harganya hanya $ 4139. Tantangan bagi Apple untuk meyakinkan. Kekurangan nya: Hal ini sepertinya dipengaruhi oleh spesifikasi dari iPad yang cukup tinggi dan juga dipengaruhi oleh tidak adanya fitur multitasking pada perangkat ini.
    Karena hal tersebut maka sepertinya iPad masih memiliki banyak kekuatan yg belum di pergunakan secara maksimal, namun hal ini tidaklah merugikan, karena memungkinkan Apple & developer aplikasi 3rd party lainnya untuk membuat aplikasi yang lebih membutuhkan pemrosesan grafik secara intensif dengan fungsi yang lebih banyak (memungkinkan pengembangan lebih jauh kedepan).
    Satu perangkat yg tidak tersedia di iPad dan sangat disayangkan adalah webcam. Sangat mengecewakan karena pihak Apple tidak berpikir untuk memungkinkan penggunanya menggunakan iChat atau Skype untuk melakukan video conversation. Padahal sangat keren apabila kita dapat memegang iPad digenggaman sambil berbicara dengan keluarga, saudara atau teman secara live. Disamping itu Salah satu hal yang agak menjadi kendala dengan desain kotaknya yang rata adalah pada saat kita menggunakannya pada waktu berdiri dan ingin mengetik dengan menggunakan hanya sebelah tangan. Selain berat yang cukup terasa apabila kita menggunakan dengan cara seperti ini untuk jangka waktu lama, pengetikan dengan hanya menggunakan satu tangan cukup menyulitkan. Ditambah lagi, apabila kita tidak menggunakan iPad dock maka hampir sebagian besar pengetikan teks dengan jumlah banyak memaksa kita untuk melakukannya di permukaan yang rata.
  2. Perangkat iPad dan serupa (termasuk Kindle Reader) akan memaksa banyak media yang ada usaha untuk mengubah; model bisnis mereka secara signifikan. Perusahaan-perusahaan ini mungkin perlu untuk menghentikan investasi di platform pengiriman tradisional mereka (seperti kertas) dan meningkatkan investasi mereka dalam platform digital baru. IPad akan memacu orang untuk menonton TV di mana saja, bukan dari televisi mereka di set di rumah, dan untuk membaca buku mereka, surat kabar, dan majalah online daripada di cetak. Penerbit semakin tertarik dalam e-buku sebagai cara untuk merevitalisasi penjualan stagnan dan menarik pembaca baru. Keberhasilan Amazon Kindle telah mendorong pertumbuhan penjualan e-book lebih dari $ 91.000.000 grosir pada kuartal pertama 2010. Akhirnya, e-buku dapat menjelaskan selama 25 sampai 50 persen dari semua buku yang dijual. Amazon, platform teknologi penyedia dan distributor terbesar buku, di dunia, telah menggunakan kekuatan baru dengan memaksa penerbit untuk menjual e-book di $ 9,95, harga yang terlalu rendah untuk penerbit untuk mendapatkan keuntungan. Penerbit sekarang menolak untuk memasok buku-buku baru ke Amazon kecuali menaikkan harga, dan Amazon mulai untuk mematuhi. IPad memasuki pasar ini siap bersaing dengan Amazon melalui e-book anddistribution harga. Amazon telah berkomitmen untuk menawarkan harga serendah mungkin, namun Apple telah mengajukan banding ke penerbit dengan mengumumkan niatnya untuk menawarkan sistem harga berjenjang, memberikan penerbit opportu ¬ nity untuk berpartisipasi lebih aktif dalam harga buku-buku mereka. Apple telah setuju dengan penerbit untuk biaya $ 12 sampai $ 14 untuk e-buku, dan bertindak sebagai agen penjual buku (dengan biaya 30% pada semua penjualan e-book) daripada distributor buku. Penerbit seperti pengaturan ini, tetapi khawatir tentang harapan jangka panjang harga, berharap untuk menghindari skenario di mana pembaca datang ke harapkan $ 9,99 e-book sebagai standar. Penerbit buku teks juga ingin membangun diri pada iPad. Banyak penerbit buku terbesar telah menyerang berurusan dengan perusahaan perangkat lunak seperti ScrollMotion, Inc untuk beradaptasi buku mereka untuk pembaca e-book. Bahkan, CEO Apple Steve Jobs iPad dirancang dengan penggunaan di sekolah-sekolah dalam pikiran, dan bunga pada bagian dari sekolah dalam teknologi seperti iPad telah kuat. ScrollMotion sudah memiliki pengalaman menggunakan platform aplikasi Apple untuk iPhone, sehingga perusahaan secara unik memenuhi syarat untuk mengkonversi file yang ada disediakan oleh penerbit ke dalam format yang dapat dibaca oleh iPad dan untuk menambahkan fitur tambahan, seperti dictio ¬ nary, glossary, kuis, halaman angka, sebuah fungsi pencarian ¬ tion, dan gambar berkualitas tinggi. 
  3. Membaca untuk kesenangan saja.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar